Thursday, March 3, 2011

2 Mobil Irit BBM UGM Siap Beraksi

2 Mobil Irit BBM UGM Siap Beraksi
Yogyakarta - Siapa bilang anak-anak Indonesia tidak mampu menciptakan kendaraan yang hemat memakan energi? Hal itu rupanya ingin dibantah oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada (UGM) yang menciptakan kendaraan hemat energi yang diberi nama Semar.

Seperti dilansir situs resmi Universitas Gajah Mada, Kamis(3/3/2011), Semar kembali akan mengikuti kompetisi irit BBM Shell Eco Marathon 2011 di sirkuit Sepang pada 6-9 Juli 2011. Di tahun lalu Semar dan menyabet The Best Design Autodesk Inventor Award 2010.

Tidak tanggung-tanggung tahun ini para mahasiswa UGM akan kembali meluncurkan dua mobil hemat energi lainnya.

Kendaraan ini akan diberi nama Semar Prototype dan Semar Urban, yang tentunya menargetkan untuk dapat mencapai efisien bahan bakar dan mampu menempuh jarak semaksimal mungkin.

"Mesin didesain mempunyai efisiensi thermal dan volumetric semaksimal mungkin pada titik keseimbangan tertentu. Mesin ini berspesifikasi long stroke dengan karakteristik high torque pada putaran mesin yang rendah supaya bisa menekan konsumsi bahan bakar," ujar Jayan Sentanuhady selaku dosen pembimbing Tim SEMART ini.

Selain itu tubuh Semar Prototipe yang diselimuti fiberglass yang memiliki ketebalan sekitar 2mm, memakan panjang tubuh hingga 2,8 m, tinggi 0,65 m, dan wheelbase 1,6 m.

Sedangkan pada bagian mesin, Semar Prototipe ini menggendong mesin 4 tak bersilinder satu berkapasitas 25 cc, yang mampu menempuh jarak hingga 280 km hanya dengan 1 liter bensin.

Namun untuk mempersiapkan kompetisi Shell Eco Marathon 2011, Semar Prototipe ini akan mengubah bagian mesin semula 25 cc diubah menjadi 115 cc, dengan pertimbangan agar Semar bisa lebih kuat saat melalui jalan yang menanjak tinggi dan panjang.

Namun sayang untuk Semar Urban masih dalam proses pengerjaan. Tidak jauh berbeda dengan saudara pertamanya, Semar Urban memiliki desain city car yang mampu menghemat bahan bakar dan memiliki rendah emisi gas buang.

Pada bagian Mesin Semar Urban juga menggendong mesin yang berkapasitas 125 cc 4 langkah dengan bahan bakar beroktan 95.

Selain itu mesin Semar Urban ini juga dilengkapi dengan double spark plug yang dinyalakan secara sequential, namun dikendalikan oleh Electronic Control Unit. Tetapi untuk bagian body Semar urban ini memiliki tubuh yang lebih kecil, dengan memiliki panjang total 2,3m, tinggi 1,3 dan lebar 1,3 m.

Mesin Semar antara lain disumbang oleh pabrikan motor Yamaha. Yang kali ini memberikan 4 jenis motor.

Secara simbolis penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Henry Gani, kepada Jurusan Teknik Mesin dan Industri FT UGM yang diwakili oleh Dr. Subagyo, Sekretaris Jurusan Teknik Mesin UGM, bertempat di KPTU FT UGM.  

( ddn / ddn )

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...