Wednesday, March 9, 2011

Avanza-Xenia Ganti Wajah?

Avanza-Xenia Ganti Wajah?

VIVAnews - Kabar mobil terlaris Indonesia, Toyota Avanza - Daihatsu Xenia berganti wajah, ramai dibicarakan. Konon, Avanza-Xenia versi baru akan diluncurkan pada tahun ini.

Spekulasi beredar karena sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, Avanza-Xenia belum pernah ganti wajah. Kalaupun ada perubahan, itu sifatnya minor.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Utama PT Daihatsu Astra Motor, Sudirman MR, mengatakan, pangsa pasar kedua model ini masih sangat bagus. "Sehingga kami belum berencana mengganti model itu," kata dia di Jakarta.

Bahkan, Sudirman mengatakan, Daihatsu akan membangun pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 330 ribu unit menjadi 430 ribu unit per tahun. "Pabrik ini akan memproduksi model-model yang sudah ada, termasuk Avanza dan Xenia," katanya.

Sebab pabrik Astra Daihatsu yang saat ini berada di kawasan Sunter, Jakarta, sudah tidak memungkinkan ekspansi lagi, sehingga perusahaan memutuskan membangun pabrik baru di Karawang Timur, Jawa Barat.

Produksi Astra Daihatsu dalam lima tahun terakhir meningkat 315 persen dari 95.496 unit pada 2006 menjadi 300.373 unit pada 2010.

Toyota dan Daihatsu merupakan produsen mobil terbesar pertama dan kedua di Indonesia. Pada 2010, Toyota bisa menjual 280.989 unit dan Daihatsu 118.554 unit. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan penyokong terbesar dengan kontribusi masing-masing 141.799 unit dan 65.901 unit, atau menguasai pangsa pasar low MPV. (umi)

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...