Wednesday, March 9, 2011

Klub Jazz: Itu Bukan Keinginan Honda

Klub Jazz: Itu Bukan Keinginan Honda

VIVAnews - Honda Indonesia memutuskan menarik kembali (recall) 30.525 unit mobil Honda setelah mengidentifikasi rentannya kerusakan komponen lost motion spring. Penarikan ini melibatkan 16.300 unit Honda Jazz (produksi Juni 2008 - Maret 2010), 10.592 unit Freed (produksi Mei 2009 - Februari 2010), serta 3.360 unit City (produksi Oktober 2008 - Januari 2010).

Honda Jazz-Fit Club, klub pemilik Honda Jazz/Fit di Indonesia, menyatakan bahwa sebagian besar anggotanya sudah diberi tahu penarikan ini. "Honda meminta agar datang saja ke bengkel resmi terdekat," kata Pengurus Jazz-Fit Club, Bunga Stamania Putri, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin 28 Februari 2011.

Pengalaman sebelumnya, Bunga mengatakan, Honda Indonesia aktif memberi tahu setiap kali ada masalah. Meski demikian, tak selamanya ditanggapi baik oleh anggotanya. "Ada yang kesal karena harus melakukan perbaikan," katanya.

Namun, menurut bunga, sebagian besar memaklumi kejadian ini. "Kami tahu ini bukan keinginan Honda," ujarnya. "Kami senang karena Honda bertanggung jawab."

Jumat 18 Februari, Honda Indonesia menyatakan komponen lost motion spring--yang berfungsi menekan lengan penggerak (rocker arm) pada putaran mesin rendah--setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan patah, sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal. Kerusakan ini berpotensi menyebabkan mesin mogok.

Lost motion spring terdapat pada rocker arm mesin VTEC pada sebagian Honda Jazz, Honda City, dan Honda Freed yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu.

Direktur Marketing dan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy mengatakan, perusahaan memilih memperbaiki problem "cacat bawaan" ini daripada mengorbankan kualitas yang dapat menyebabkan ketidakpuasan konsumen.

Jonfis menyadari tidak semua mobil yang keluar bersih 100 persen tanpa cacat. Karena itu, Honda mengaku akan lebih terbuka kepada para pelanggan dengan segala masalah yang ada. "Setiap ada keluhan, kami sarankan datang ke bengkel resmi Honda," ujar dia.

Honda menyarankan bagi konsumen yang mobilnya teridentifikasi agar melakukan booking penggantian komponen di bengkel resmi Honda. Proses penggantian memerlukan waktu 3 jam.

Penggantian komponen rencananya akan dimulai pada 28 Februari ini di seluruh Jawa, serta pada 2 Maret untuk wilayah luar Jawa. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan.

Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di nomor telepon 0-800-1122-789, Senin-Jumat dari jam 09.00 – 17.00 WIB  atau menghubungi dealer resmi Honda terdekat.

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...