Thursday, March 3, 2011

Rolls Royce Bikin Mobil Listrik Bertenaga Besar

Rolls Royce Bikin Mobil Listrik Bertenaga Besar
(foto: Carscoop)

GENEWA- Pabrikan mobil super mewah asal Inggris, Rolls Royce, sejak dulu terkenal dengan tubur kekar yang memunculkan aura aristokrat, serta mesin yang berkapasitas besar.

Namun kini pabrikan yang memiliki logo bernama spirit of ecstacy tersebut sekakan terbawa arus tren mobil listrik, sehingga mereka berniat untuk membuat sebuah mobil barru yang dapat melaju dengan bantuan tenaga motor listrik.

Bernama 102 EX, mobil konsep ini menggunakan basis dari Rolls Royce Phantom. Para insinyur Rolls Royce menginstasl dua buah motor listrik yang masing-masing berkapasitas 145 kW dan dilengkapi dengan baterai lithium ion sebagai tampat menyimpan listrik.

Agar daya jelajahnya jauh, baterai yang digunakan tidak hanya satu buah, melainkan hingga 38 buah yang disusun sedemikian rupa hingga berbentuk menyerupai penampilan mesin dan transmisi sungguhan.

Untuk dapat mengisi penuh baterai diperlukan waktu antara 8 hingga 20 jam tergantung besarnya tegangan listrik yang diberikan.

Motor listrik yang digunakan oleh 102EX total dapat menghasilkan tenaga hingga 290 kW (389HP) dan torsi sebesar 800 Nm.Bila dibandingkan dengan Rolls Royce standar yang menghasilkan tenaga sebesar 453 HP dan torsi 750 Nm, tentu tenaga ini terbilang cukup besar.

Bila baterai terisi penih, 102EX dapat melaju hingga 200 kilometer dengan kemampuan untuk mencapai 100 km / h dari posisi diam hanya di bawah 8 detik dan kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik hingga 160 km / h.
(uky)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...