Thursday, March 3, 2011

Lancer Evo Temui Ajal?

Lancer Evo Temui Ajal?
Jenewa - Bagi para penggila Mitsubishi Lancer Evolution, kabar ini tentu mengagetkan. Sebab Mitsubishi dikabarkan akan segera mengubur Lancer Evolution dan tidak akan memproduksinya lagi.

Menurut Gayu Eusegi yang merupakan Direktur Produk Mitsubishi, Mitsubishi Lancer Evolution X akan menjadi generasi terakhir era Lancer sebelum tutup usia.

"Masih ada permintaan (Lancer). Tapi kita harus berhenti," ujarnya seperti detikOto kutip dari Autocar, Kamis (3/3/2011).

Eusegi juga menjelaskan kalau kebijakan Mitsubishi terhadap masa depan produk-produknya kini sudah berubah. Mitsubishi kini lebih mementingkan pengembangan mobil-mobil ramah lingkungan.

Mitsubishi menurutnya tidak ingin lagi membuat mobil-mobi yang mampu mengeluarkan kadar CO2 yang tinggi. Eusegi juga mengungkapkan motorsport seperti mobil-mobil reli yang dahulu banyak menginspirasi mereka kini sudah tidak lagi masuk hitungan.

"Pengaruh kami sekarang adalah teknologi mobil listrik," imbuh Eusegi. Eusegi menambahkan berhentinya Lancer karena adanya perubahan kebijakan Mitsubishi.

Selain itu yang paling mengejutkan adalah kemungkinan berhentinya proyek Lancer Evolution XI yang akan menggunakan sistem dual mesin yang canggih dimana keempat roda mereka telah dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 81 hp dan ditambah dengan mesin 1.6-liter yang tidak hanya menggerakkan roda depan bila mobil kekurangan tenaga, tetapi juga berfungsi sebagai generator.

Mobil ini pun juga akan dilengkapi dengan Mitsubishi Evo-style S-AWC handling control system dan drive mode yang otomatis berganti sesuai dengan gaya mengemudi pengendara. Dengan seluruh fitur canggih yang ada di dalam tubuhnya, Lancer Evo XI ini kabarnya juga sudah bisa menekan emisi gas buang mereka hingga dibawah 200 g/km.

Bila benar Mitsubishi akan mengubur Lancer Evolution dan menghentikan proyek Lancer Evolution XI ini, tentu dunia akan menyayangkannya.

"Ya. Mungkin dunia bisa berubah, dan mungkin suatu hari nanti kita bisa melakukan balapan dengan kendaraan listrik. Mungkin ketika itu kita bisa masuk ke pasar lagi," tandasnya. ( syu / ddn )

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...